Komunitas Taize

Taize bukanlah organisasi Kristen, bukan pula sebuah gerakan. Taize merupakan sebuah komunitas kecil yang terletak di suatu desa di Perancis. Komunitas ini didirikan pada tahun 1940 oleh bruder Roger, yang tetap menjadi kepalanya hingga wafatnya pada 16 Agustus 2005.

Komunitas Taize pada permulaannya merupakan komunitas biarawan Kristen Perancis yang didirikan atas dasar persaudaraan Ekumenis dengan berbagai latarbelakang anggotanya. Inspirasi ini muncul ketika perang dunia ke II yang hebat dan mengerikan. Dari persitiwa tersebut membuat bruder Roger bersama biarawan Taize menjalankan pola hidup persaudaraan intensif dengan selalu sabar, lemah lembut, rendah hati, saling membantu dan damai dalam hidup sehari-hari mereka.

Taizé telah melahirkan sebuah musik ibadah yang unik dengan mencerminkan sifat meditatif komunitas itu. Musik Taizé menekankan ungkapan-ungkapan sederhana, biasanya kalimat-kalimat pendek dari Mazmur atau bagian-bagian lain dari Kitab Suci, yang diulang-ulang dan kadang-kadang juga dinyanyikan dalam bentuk kanon. Pengulangan ini dimaksudkan untuk membantu meditasi dan doa.

Komunitas Taizé telah menjadi tujuan penting bagi ziarah Kristen dengan beribu-ribu orang yang datang berkunjung setiap tahunnya.

Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi http://id.wikipedia.org/wiki/Komunitas_Taizé atau http://www.taize.fr

 


 

About vianney.mtb

Nama Lengkap JM Vianney Alexius, lahir di Kebumen saat ini bergabung dalam persaudaraan bruder MTB. Kita tidak bisa berkembang bukan karena bodoh, tetapi karena kurang berusaha dan tidak dapat memanfaatkan kesempatan yang ada dengan baik. Tuhan menciptakan manusia baik adanya, Ia tidak menciptakan manusia bodoh adanya. Mohon maaf jika isi web ada yang hampir mirip dengan laman web pengunjung
This entry was posted in Doa dan Syukur. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s