Hardisk Eksternal Minta di Format

Sudah tiga hari hardisk eksternal saya bermasalah minta diformat terus, saya mencoba jurus-jurus ampuh yang ada baik melalui bertanya kepada yang ahlinya hardisk, browsing internet atau buku tetapi tidak mengatasi masalah. Setiap kali saya colokan ke komputer hanya terdeteksi Local Disk (F), dan ketika saya coba buka yang keluar hardisk minta diformat. Akhirnya saya mencoba utak-atik sendiri saya buka pakai command prompt (CMD), karena OS yang saya pakai Windows 7.

Saya ketikan di command prompt berikut

barulah terdeteksi hardisk eksternalnya. Itupun harus menunggu proses identifikasi file yang sangat lama sampai hardisk bisa pulih kembali dengan resiko beberapa file terhapus.

Setelah saya ingat-ingat kenapa hardisk eksternal bisa seperti itu. Beberapa hal yang mungkin menjadi penyebabnya :

  • Hardisk saya simpan ditempat tanpa ada pengaman dari getaran
  • Sering melepas kabel USB tanpa mengikuti prosedur yang benar, langsung cabut dari komputernya

About vianney.mtb

Nama Lengkap JM Vianney Alexius, lahir di Kebumen saat ini bergabung dalam persaudaraan bruder MTB. Kita tidak bisa berkembang bukan karena bodoh, tetapi karena kurang berusaha dan tidak dapat memanfaatkan kesempatan yang ada dengan baik. Tuhan menciptakan manusia baik adanya, Ia tidak menciptakan manusia bodoh adanya. Mohon maaf jika isi web ada yang hampir mirip dengan laman web pengunjung
This entry was posted in Aneka Hobi. Bookmark the permalink.

10 Responses to Hardisk Eksternal Minta di Format

  1. Jinny says:

    Bruder..
    Flashdisk ku dapt masalah sama dgn bruder..
    bolh minta bantu betulin tdak ??
    tak ngerti..

  2. jupiter says:

    kebetulan nih nasib kita sama gan, brapa lama ya anda nunggunya ? aku uda hampir seharian nunggu baru cuma 11%

    • vianney.mtb says:

      Kurang lebih 1 jam, tergantung dari spesifikasi komputer kita.
      tetapi pernah juga seharian.
      Kalu yang sudah model begini berarti memang ada masalah kerusakan serius pada hardisk.
      cari penyebab sebelumnya jika karena hardisk jatuh atau tertimpa benda yang lebih berat
      biasanya saya bongkar dan bersihkan dengan hati-hati dan teliti sekali maklum hardisk kan rentan sekali rusak kalau dibongkar
      pengalaman kalau sudah dibongkar harapan bisa bagus ya krang lebih 30%, sisanya banyak gagalnya – usaha kan boleh darpada tidak sma sekali

  3. anggiat says:

    punya q lebih aneh lagi,,sempat minta diformat tapi setelah pake cara di atas udah bisa dibuka TAPI ada folder yg sama sekali tidak bisa dibuka,,walopun properties menunjukkan ada foldernya..kira2 gimana ya bro/zist??

    • vianney.mtb says:

      coba buka computer managemen. dengan ketikan computer managemen pada search and file jika anda menggunakan sistem operasi window 7. lalu pilih disk managemen. jika hardisk eksternal anda terdeteksi coba klik kanan lalu open.

  4. dada says:

    wah gan klo hardisk internal sama ga? saya D: yg minta diformat apa bisa pake cara gtu masalahnya banyak data penting didalamnya. terima kasih

    • vianney.mtb says:

      saya pernah coba untuk hardisk internal pada laptop/desktop berhasil. Tetapi dengan mengeluarkan hardisk internal dulu dari tempatnya, lalu saya pakai portable hdd usb. Sehingga hardisk internal tadi dapat di masukan ke colokan usb pada laptop lain. Lalu saya lakukan proses di atas

  5. DWi says:

    waktu saya pakai cara di atas selalu macet tengah jalan…19% aja malahan lebih satu harian

    • vianney.mtb says:

      fungsi chkdsk adalah untuk cekdisk dengan merestore kembali file dan mendelete file yang rusak. Jika file yang rusak sangat banyak tentu membutuhkan waktu yang tidak sedikit (tergantung kecepatan komputer)

Leave a Reply

