Berbagai jenis ikan di Indonesia

Sesekali hobi perlu dikembangkan untuk menyegarkan rutinitas seharian disamping rasa syukur kepada Tuhan karena diberi kesehatan, rahmat dan kasih yang berlimpah. Salah satu hobi yang sudah lama mandeg adalah memancing. Memancing merupakan hobi sejak kecil, dan dari memancing ini bisa merasakan perbedaan memancing jaman tahun 1980-an dengan sekarang ini. Dari banyaknya tangkapan ikan maupun jenis ikan. Daerah pancingan dari mulai parit, sungai besar kecil, waduk, rawa, danau, kolam, tambak ataupun laut di Jawa, Sumatera ataupun Kalimantan. Dari pengalaman tersebut, didapat beberapa spesies ikan yang masih bertahan sampai sekarang walaupun bentuknya makin kecil dan makin jarang.

Ikan Gabus

ikan gabus merupakan jenis ikan air tawar yang bisa bertahan hidup dalam kondisi air yang tidak terlalu bersih. Ikan gabus tergolong ikan buas. Beberapa daerah mempunyai penamaan yang berbeda tentang ikan gabus. Misalnya di Jawa disebut dengan ‘kutuk’, ‘bayong’, ‘bogo’ atau ‘kocolan’. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama common snakehead atau ikan kepala ular karena memang bentuknya mirip ular.

Ikan gabus juga tahan terhadap kekurangan air, biasanya ditemui di sawah atau rawa yang mengering ikan gabus bersembunyi dilumpur-lumpur yang ada sedikit air. Ikan gabus merupakan ikan yang memangsa ikan-ikan lain yang lebih kecil. Maka ikan gabus juga merupakan hama petani ikan.

Ikan gabus merupakan ikan yang mudah ditangkap dengan umpan apapun, pengalaman pernah dicoba dengan bulu ayam yang dibuat sedemikan rupa sehingga mirip serangga yang berjalan di atas air, langsung disambar ikan gabus. Pada gambar ikan gabus dipancing menggunakan udang berat tangkapan kurang lebih 1 kg, lokasi parit bruderan MTB.

Ikan Sepat

About vianney.mtb

Nama Lengkap JM Vianney Alexius, lahir di Kebumen saat ini bergabung dalam persaudaraan bruder MTB. Kita tidak bisa berkembang bukan karena bodoh, tetapi karena kurang berusaha dan tidak dapat memanfaatkan kesempatan yang ada dengan baik. Tuhan menciptakan manusia baik adanya, Ia tidak menciptakan manusia bodoh adanya. Mohon maaf jika isi web ada yang hampir mirip dengan laman web pengunjung
This entry was posted in Aneka Hobi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s