Danau Sentarum – danau hutan lahan basah

Danau Sentarum yang terletak di sebuah taman nasional yang disebut dengan taman nasional danau Sentarum terletak di cekungan sungai kapuas, dibatasi oleh bukit-bukit dan dataran yang tinggi danau sentarum merupakan danau tangkapan air dari sungai-sungai yang mengelilinginya termasuk sebagai daerah aliran sungai Kapuas. Danau sentarum pada saat musim hujan kedalamannya bisa mencapai 7 – 8 meter tetapi pada saat memasuki musim kemarau berlahan-lahan air danau akan menyusut bahkan air yang tadinya menggenang akan berubah menjadi kolam-kolam kecil.

Vegetasi dari hutan lahan basah danau sentarum sangat bervariasi seperti tengkawang, jelutung , ramin, meranti, keruing dan kayu ulin. Beragam jenis ikan juga terdapat di danau sentarum dan ikan yang terkenal adalah ikan arwana.

Obyek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi di sekitar danau sentarum salah satunya adalah bukit Lanjak. Untuk mencapai lokasi ini dapat di tempuh dengan kendaraan roda empat mobil atau bus melalui Pontianak – Sintang dan terus ke Semitau kurang lebih 15 jam. Dilanjutkan dengan menggunakan perahu motor melewati danau sentarum menuju ke Lanjak. Atau dengan pesawat Pontianak – Putussibau kurang lebih 2 jam dilanjutkan dengan perjalanan darat ke Putusibau – Lanjak, kurang lebih 7 jam.

Perkampungan di pinggir danau Sentarum pada saat musim hujan tahun 2010

Air yang menggenangi hutan lahan basah danau sentarum tahun 2010

Bukit-bukit dan dataran tinggi yang mengelilingi danau sentarum sebagai sumber mata air danau dimana banyak anak sungai mengalir menuju ke danau

Sarana transportasi untuk melewati danau sentarum waktu musim hujan tahun 2010

Danau sentarum waktu musim kemarau tahun 2009, terlihat air mengering dan sebuah kapal terjebak menunggu sampai air danau terisi lagi.

Mobil dapat melewati danau yang telah mengering tahun 2009

Foto-foto tentang danau sentarum di atas merupakan dokumentasi dari sr. Paula, Osc. Cap.

About vianney.mtb

Nama Lengkap JM Vianney Alexius, lahir di Kebumen saat ini bergabung dalam persaudaraan bruder MTB. Kita tidak bisa berkembang bukan karena bodoh, tetapi karena kurang berusaha dan tidak dapat memanfaatkan kesempatan yang ada dengan baik. Tuhan menciptakan manusia baik adanya, Ia tidak menciptakan manusia bodoh adanya. Mohon maaf jika isi web ada yang hampir mirip dengan laman web pengunjung
This entry was posted in Artikel. Bookmark the permalink.

One Response to Danau Sentarum – danau hutan lahan basah

  1. Danau Sentarum – danau hutan lahan basah; semoga terjaga kelestariannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s