Ular Sawah

Ular sawah atau phyton atau sanca adalah jenis ular tak berbisa yang berukuran besar sehingga mudah dikenali. Ukuran besar melebihi 10 meter lebih panjang dari anaconda ular terbesar yang ada di Amerika. Ular sawah masih banyak ditemukan di pulau Kalimantan, habitatnya di daerah tropis yang lembab seperti dihutan-hutan lahan basah, rawa, sungai.

Makanan ular sawah adalah burung, kodok, ikan, biawak, babi hutan, rusa dan terkadang juga memangsa manusia yang tersesat masuk ke tempatnya menunggu mangsa. Ular sawah yang besar lebih dari 7 meter ukurannya seringkali tidak jauh bergerak kemungkinan karena ukuran tubuhnya yang bisa sangat besar dan berat menyulitkan pergerakkannya dengan baik, untuk menunggu mangsanya.

Ular yang ada di foto adalah ular sanca kategori pendek dan gendut atau ular peraca (Pyton Curtus) beratnya kurang lebih 5 kg, dengan panjang 1, 6 meter jenis seperti ini masih ditemui di pinggir-pinggir sungai, perkebunan, hutan dan rawa-rawa walaupun dari segi jumlah mulai berkurang. Bahkan sering kali terlihat di tepian atau menyeberang jalan raya di daerah pedalaman untuk mencari tempat yang hangat.

Di Kalimantan Barat ular jenis ini banyak di buru untuk diambil kulitnya ataupun untuk di konsumsi. Sehingga dikawatirkan ular jenis ini makin berkurang jumlah maupun habitatnya karena pembukaan hutan untuk tujuan perkebunan, perumahan atau pengembangan lahan.

About vianney.mtb

Nama Lengkap JM Vianney Alexius, lahir di Kebumen saat ini bergabung dalam persaudaraan bruder MTB. Kita tidak bisa berkembang bukan karena bodoh, tetapi karena kurang berusaha dan tidak dapat memanfaatkan kesempatan yang ada dengan baik. Tuhan menciptakan manusia baik adanya, Ia tidak menciptakan manusia bodoh adanya. Mohon maaf jika isi web ada yang hampir mirip dengan laman web pengunjung
This entry was posted in Artikel. Bookmark the permalink.

One Response to Ular Sawah

  1. Terimakasih.
    Semoga habitat ular sawah lestari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s