Sejarah Komputer

Sejarah komputer merujuk pada ditemukannya alat hitung manual yang bernama abacus atau dikenal dengan nama sempoa, yang dipakai oleh orang-orang Babilonia pada tahun 300 SM. Abacus berasal dari bahasa Yunani dari kata “Abax” atau “Abakon” yang berarti meja. Abacus dipakai karena keterbatasan dari perhitungan yang sebelumnya hanya menggunakan jari tangan yang terbatas hanya bisa menghitung 1 sampai 10, dengan adanya abacus bisa menghitung dengan jauh lebih banyak lagi dari ratusan hingga ribuan.

Abacus yang seperti sekarang disebut sempoa, muncul di China sekitar tahun 1200 dan disebut suan pan dan mungkin ini yang menjadi cikal bakal kita menyebutnya menjadi sempoa.

Pada tahun 1642 di Perancis seorang pemuda berusia 12 tahun yang bernama Blaise Pascal, mengadakan beberapa percobaan dan akhirnya menemukan mesin penjumlah mekanis dengan kurang lebih 50 roda gigi yang pertama untuk membantu meringankan beban pekerjaan ayahnya yang bekerja sebagai petugas penarik pajak di wilayah Auvergne, Perancis. Blaise di kenal sebagai seorang yang cerdas sejak kecil walaupun ia tidak menempuh pendidikan sekolah secara resmi.

Karya-karya Blaise Pascal sangat banyak antara lain menemukan prinsip kerja barometer, sistem kerja arloji dan juga rancang bangun segienam atau hexagram. Namun pada usia 23 ia mengalami peristiwa pertobatan, sejak saat itu ia mengubah pola hidupnya dengan tekun berdoa dan berpuasa lalu memutuskan untuk masuk sebuah komunitas biara beraliran Jansenisme dan memberikan banyak tulisan mengenai kekristenan.

Nama Blaise Pascal juga di pakai dalam bidang pemrograman komputer dengan nama pemrograman Pascal.

Pada akhir abad 18 Holerith yang berasal dari USA mendirikan perusahaan dengan Tabulating Machine Company. Setelah Holerith pensiun pada tahun 1904 digantikan oleh Thomas Watson Sr. menjadi presiden direktur dan mengubah Tabulating Machine Company menjadi International Business Machines Corporation atau IBM yang banyak menciptakan mesin komputer modern dan bertahan sampai sekarang ini.

2.2 Komputer Generasi Pertama
Terjadinya perang dunia pertama dan kedua membuat negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha untuk mengembangkan komputer yang gunanya untuk mengeksploitasi potensi strategis yang dimiliki komputer. Seperti yang dilakukan Jerman pada tahun 1941 dengan insinyurnya yang bernama Konrad Zuse membangun sebuah komputer yang dinamakan Z3 untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.

Pada tahun 1941 Sekutu berhasil mengembangkan sebuah mesin pemecah kode rahasia Jerman dan diberi nama Collosus, namun pengembangan dan penemuan ini tidak mempengaruhi perkembangan komputer.

a. Mark 1
Baru pada tahun 1944 ketika USA membangun sebuah komputer terprogam pertama merupakan hasil kerjasama antara Universitas Harvard dengan IBM untuk US Navy. Tersusun atas saklar, relai, batang putar (rotating shaftl) dan kopling (Clutch) yang kemudian dinamakan Mark1, sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Salah satu programer utama Mark1 adalah seorang perempuan bernama Grace Hopper, ia pertama kali menemukan adanya “bug” pada komputer yaitu serangga semacam ngengat yang mati dan menghalangi pembacaan lubang pada pita kertas. Istilah itu dikenal dengan nama Debugger yang selanjutnya digunakan untuk menghilangkan kesalahan program pada komputer.

b. Eniac
Perkembangan lain yang sangat mempengaruhi perkembangan komputer adalah rancangan dan dikembangkannya komputer bernama ENIAC atau Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC) pada tahun 1945 oleh ilmuwan dari Universitas Pennsylvania yang kemudian dikenal sebagai komputer elektronik modern pertama.

Komputer ini terdiri dari 19.000 vacuum tube dan 500.000 sambungan solder serta mempunyai berat lebih dari 30 ton daya listrik 160 Kw. Komputer ENIAC ini merupakan komputer general purpose pertama yang seribu kali lebih cepat dari MARK1.

Ciri dari komputer generasi pertama adalah mempunyai kode biner yang disebut bahasa mesin, sehingg komputer ini sulit diprogram dan kecepatannya jadi terbatas. Ciri lainnya adalah digunakannya tabung vakum dan silinder magnetik untuk penyimpanan data yang membuat komputer generasi pertama berukuran sangat besar.

2.3 Komputer Generasi Kedua
Pada awal 1960-an mulai bermunculan komputer generasi kedua yang suskse dibidang bisnis, di bidang pendidikan tinggi atau universitas dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor, dengan adanya transistor lambat laun penggunaan komputer dengan tabung vakum mulai ditinggalkan. Karena tidak efisien dan tidak hemat tenaga ataupun ruang.

Komputer generasi kedua juga sudah mulai bisa diintegrasikan dengan alat-alat komputer pada saat ini seperti penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi dan program.

2.4 Komputer Generasi Ketiga
Walaupun dalam perkembangan penggunaan transistor menggunguli tabung vakum, namun transistor mempunyai kekurangan yaitu menghasilkan panas yang cukup besar yang berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa atau quartz rock menghilangkan masalah ini. Pada tahun 1958 Jack Kilby seorang insiyur dari Texas Instrument mengembangkan sirkuit terintegrasi yang disebut Integrated Circuit atau IC yang bisa memuat ratusan ribu komponen ke dalam chip tunggal.

Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi atau operating system yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

2.5 Komputer Generasi Keempat
Setelah ditemukannya IC maka pengembangan menjadi lebih jelas. Pada tahun 1980 Very Large Scale Integration memuat ratusan ribu komponen ke dalam satu chip tunggal atau lebih dengan IC VLSI. Kemudian berturut-turu muncul Ultra Large Scale Integration yang memuat jutaan komponen ke dalam satu chip atau IC ULS. Dengan ditemukannya IC komputer tidak lagi menjadi milik perusahaan besar tetapi juga dapat menjadi alat rumahan karena harganya yang dapat ditekan sedemikian murah.

Era komputer generasi keempat merupakan era persaingan dalam kancah bisnis komputer dari hardware atau perangkat keras dan perangkat lunak atau software. Persaingan itu terlihat dengan adanya bebereapa mesin komputer dari IBM dan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis yang pertama pada komputernya sementara saingannya masih memakai sistem berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse. Sedangkan pada saat ini IBM mempopulerkan penggunaan mesin prosesor yang di sebut Pentium dari mulai Pentium I sampai dengan Pentium Core 7i yang mampu menjalankan program seracara bersamaan dalam rentang waktu yang sangat cepat.

(source wikipedia.org , ilmukomputer.com, US Navy, IBM)

About vianney.mtb

Nama Lengkap JM Vianney Alexius, lahir di Kebumen saat ini bergabung dalam persaudaraan bruder MTB. Kita tidak bisa berkembang bukan karena bodoh, tetapi karena kurang berusaha dan tidak dapat memanfaatkan kesempatan yang ada dengan baik. Tuhan menciptakan manusia baik adanya, Ia tidak menciptakan manusia bodoh adanya. Mohon maaf jika isi web ada yang hampir mirip dengan laman web pengunjung
This entry was posted in Artikel. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s