Mengenal komponen komputer

3. MENGENAL PERANGKAT KOMPUTER
Secara fisik perangkat kerja komputer umumnya terdiri dari keyboard, mouse yang disebut alat masukan atau input, Central Processing Unit (CPU) sebagai tempat proses dan alat keluaran atau output seperti contohnya monitor.

Secara garis besar prinsip kerja komputer dapat digambarkan sebagai berikut

Input Device –> Processor –> Output Device

• Input Device, merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untukmemasukkan data ke dalam memori komputer, seperti keyboard, mouse, dan lain-lain
• Processor, merupakan perangkat utama komputer yang mengelolaseluruh aktifitas komputer, yaitu CPU (Central Processing Unit) yang merupakanotaknya komputer.
• Output Device, merupakan perangkat komputer yang berguna untukmenghasilkan keluaran, apakah itu ke kertas (hardcopy), ke layar monitor(softcopy) atau keluaran berupa suara. Contohnya printer, speaker, plotter, monitordan banyak yang lainnya.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa prinsip kerja komputer tersebut diawali dengan memasukan data dari perangkat input, lalu data tersebut diolah sedemikian rupa oleh CPU sesuai yang kita inginkan, dan data yang telahdiolah tadi disimpan dalam memori komputer atau disk. Data yang disimpandapat kita lihat hasilnya melalui perangkat keluaran, misalnya melalui monitoratau dicetak melalui printer.

3.1 Hardware, Software Dan Brainware
Komputer hampir dipakai untuk setiap kegiatan kerja, baik untuk kegiatan administrasi, perhitungan, pengarsipan maupun untuk game. Secara jelas komputer dapat dikelompokan ke dalam bagian-bagian yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya, yaitu hardware, software, brainware.

Perangkat keras (hardware) adalah bagian dari peralatan elektronik komputer yang bisa dilihat atau kasat mata, bisa dipegang. Seperti : Monitor, Keyboard, CPU, modem, mouse dan sebagainya.

Perangkat lunak (software) adalah bagian yang tidak bisa dilihat dengan mata secara langsung, tetapi bagian ini merupakan bagian penting dari suatu sistem komputer.
Jika dianalogikan dengan manusia, tubuh adalah perangkat keras, sedangkan jiwa atau rohnya adalah perangkat lunak. Perangkat lunak pada sistem komputer berupa program atau data yang disimpan dalam suatu penyimpanan sekunder (disk) yang akan dimuat pada penyimpanan utama (Random Access Memory/ RAM) untuk diproses oleh CPU (Central Processing Unit)

Perangkat akal (Brainware) adalah pemakai komputer yaitu orang yang mengoperasikan komputer. Pemakai komputer dapat digolongkan lagi menjadi beberapa golongan seperti : Operator Komputer, Programmer, Sistem Analis dan sebagainya.
Hubungan Hardware, Software, Brainware

Hubungan Ketiga komponen tersebut, tersaji sebagai berikut :

Perangkat keras (hardware)
Secara fisik terlihat seperti mouse, keyboard, monitor, cpu dsbnya

Perangkat Lunak (software)
– Sistem Operasi
– Program Aplikasi
– Bahasa Pemrograman
– Program Utility

Pemakai / Perangkat Akal (brainware)
Orang yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer
– Sistem analis
– Operator
– programmer

3.2 Komponen-Komponen Komputer
Secara fisik perangkat komputer umumnya terdiri dari :
1. CPU (Central Processing Unit)
2. Monitor
3. Keyboard
4. Mouse
Sebelum merangkai atau merakit komputer, tentu kita harus tahu lebih dahulu komponen-komponen apa saja yang mendukung kompiter. Untuk menjelaskannya komputer dapat digambarkan sesuai dengan fungsi peralatan komputer. Terdapat 5 macam fungsi yang dapat digambarkan sebagai berikut.

Kelima fungsi tersebut adalah
1. Peralatan Masukan seperti keyboard, mouse, scanner
2. Peralatan Proses seperti processor, memori
3. Peralatan Penyimpanan seperti hardisk, floppy disk
4. Peralatan Tambahan seperti modem, sound card
5. Peralatan Keluaran seperti monitor, printer, speaker

3.3 Peralatan Masukan
1. Keyboard
Keyboard berfungsi untuk mengubah kode alfabet yang ditekan ke dalam kode ASCII ( American Standard Code for Information Interchange) kode standard amerika untuk pertukaran informasi yang dimengerti oleh komputer

2. Mouse
Mouse atau tetikus atau yang lebih dikenal dengan nama mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukan data ke dalam komputer selain papan ketik atau keyboard, mouse digunakan untuk mengatur perpindahan kursor secara cepat sehingga mempercepat dan mempermudah pekerjaan.

3. Joystick
Joystick sangat populer di kalangan penyuka game baik secara online maupun offline. Joystick digunakan untuk memasukan data ke dalam komputer ketika bermain game ataupun sejenisnya

About vianney.mtb

Nama Lengkap JM Vianney Alexius, lahir di Kebumen saat ini bergabung dalam persaudaraan bruder MTB. Kita tidak bisa berkembang bukan karena bodoh, tetapi karena kurang berusaha dan tidak dapat memanfaatkan kesempatan yang ada dengan baik. Tuhan menciptakan manusia baik adanya, Ia tidak menciptakan manusia bodoh adanya. Mohon maaf jika isi web ada yang hampir mirip dengan laman web pengunjung
This entry was posted in Artikel. Bookmark the permalink.

One Response to Mengenal komponen komputer

  1. Terimakasih atas masukkannya. Jadi bisa ikut belajar. Mengapa saat tertentu mouse sering macet. Diam? Apa penyebabnya, dan bagaimana cara mengaktifkannya lagi. Terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s