Psikologi Pendidikan

TEORI METAKOGNISI DALAM PEMBELAJARAN

Metakognisi adalah fungsi eksekutif yang mengurus dan mengawal bagaimana seseorang menggunakan pikirannya. Metkognisi ini merupakan proses kognitif yang paling tinggi dan canggih. Metakognisi tidak sama dengan kognisi atau proses pemikiran (seperti membuat inferensi, membuat pemikiran, membuat perbandingan, menilai, membuat sintesis atau analisis).Metakognisi adalah suatu kemampuan individu “berdiri” di luar kepalanya” dan berusaha merenungkan cara dia berfikir atau merenungkan proses kognitif yang dilakukan.

  1. Variabel-variabel Penting dalam Metakognisi.

a)      Variabel individu

Variabel individu mengandung makna bahwa manusia itu adalah organism kognitif atau pemikir. Artinya segala tindak tanduk kita adalah akibat dari cara kita berfikir. Variabel-variabel individu dibagi menjadi tiga, yaitu:

b.  Variabel Intra Individu

Variabel Intra-individu adalah apa saja yang terjadi di dalam diri seseorang. Misalnya seorang siswa mengetahui dirinya lebih pandai dalam mata pelajaran matematika dibandingkan mata pelajaran sejarah.

c. Variabel Antra-individu

Variabel antra-individu adalah kemampuan individu membandingkan dan membedakan kemampuan kognitif dirinya dengan orang lain. Misalnya; seorang siswa mengetahui bahwa gurunya jauh lebih pandai dalam bahasa inggris dibandingkan dengan dia sendiri.

2. Variabel universal

Variabel universal adalah pengetahuan yang diperoleh dari unsure-unsur yang ada di dalam system budaya sendiri.

3. Varibel Tugas

Variabel tugas adalah pengetahuan tentang bagaimana  melakukan sesuatu atau mengatasi kesulitan yang timbul. Ini dilakukan dengan cara yang disebut “pemantauan kognitf” (“Cognitive monitoring”).

 

  1. Kaedah Peningkatan Kemampuan Metakognitif

Setidaknya ada empat cara meningkatkan kemampuan metakognitif, yaitu:

  1. Pelabelan (Labeling)

Pada langkah ini cara yang dilakukan adalah (1) nyatakan tujuan yang akan dicapai;(2)berikan nama atau label kemampuan kognitif yang akan dilakukan;(3)berikan sinonim/perkataan sama-maksud terhadap sesuatu yang akan dimasukkan ke dalam proses kognitif;(4)nyatakan cara kemampuan kognitf itu digunakan; dan (5) jelaskan mengapa kempuan itu harus dipelajari.

  1. Proseduring

Pada langkah  ini cara yang dilakukan adalah (1) nyatakan prosedur kemampuan kognitif berkenaan dengan member urutan langkah-langkah, apa yang dilakukan pada setiap langkah dan mengapa lankah itu dilakukan; (2) tunjukkan bagaiman kemampuan  itu dapat diperoleh;(3)  nyatakan aturan-aturan pokok dan hal-hal yang penting untuk diketahui mengenai kemampuan itu. (4) uraikan hambatan yang mungkintimbul dan cara mengatasinya.

2. Demontrasi

Pada langkah ini cara yang dilakukan adalah : (1) tunjukkan bagaimana sesuatu kemampuan itu digunakan dengan menunjuk pada contoh tertentu berdasarkan prosedur yang ada;(2)deskripsikan apa yang terjadi dalam pikiran selama terlibat dengan kemampuan yang bersangkutan (think aloud) dan (3) terangkan bagaiaman mengatasi  hambatan-hambatan yang dihadapi.

3. Aplikasi

Pada langkah ini cara yang dilakukan adalah (1) siswa diberi tugas untuk mengaplikasikan kemampuan kognitif yang bersangkutan; (2) siswa memperhatikan dan menganalisa bagaimana proses kemampuan kognitif itu digunakan antara mereka.

4. Refleksi

Pada langkah ini cara yang dilakukan adalah guru dan siswa  merenungkan dan menganalisis tentang kemampuan kognitif yang digunakan

About vianney.mtb

Nama Lengkap JM Vianney Alexius, lahir di Kebumen saat ini bergabung dalam persaudaraan bruder MTB. Kita tidak bisa berkembang bukan karena bodoh, tetapi karena kurang berusaha dan tidak dapat memanfaatkan kesempatan yang ada dengan baik. Tuhan menciptakan manusia baik adanya, Ia tidak menciptakan manusia bodoh adanya. Mohon maaf jika isi web ada yang hampir mirip dengan laman web pengunjung
This entry was posted in Aneka Hobi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s