Museum Mgr. J. Van Hooy Donk


Museum Mgr. J. Van Hooy Donk merupakan museum yang didirikan oleh kongregasi MTB dan terletak di jalan Diponegoro Singkawang. Museum ini bertujuan untuk melestarikan dan mendokumentasikan peninggalan bersejarah para bruder MTB pendahulu khususnya dalam karya-karya dan pelayanan bruder MTB di Indonesia sejak tahun 1934 yang dimulai pertama kali di kota Singkawang.

Museum yang sudah dirintis sejak tahun 2009 ini dan dipercayakan oleh kongregasi bruder MTB untuk kelola oleh bruder Gregorius MTB, yang dengan tekun mengumpulkan benda-benda bersejarah dari komunitas ke komunitas, sekolah bruder, asrama bruder, gereja maupun kenalan para bruder.

Museum ini terbuka bagi pengunjung yang ingin belajar tentang sejarah karya bruder MTB dari pertama kali ke Indonesia sampai dengan sekarang. Koleksi museum terdiri dari buku-buku rohani ataupun buku-buku koleksi perpustakaan, diorama lukisan karya para bruder pendahulu, peralatan untuk pendidikan baik di sekolah maupun asrama, alat transportasi, karya seni budaya setempat serta benda bersejarah lain yang dipakai para bruder pendahulu.

DIORAMA LUKISAN


Lukisan Karya Br. Cornelis, MTB. Buah pisang, botol, piring dan cerek. (1955)


Memasak, lukisan Br. Cornelis, MTB (1949)

KOLEKSI BENDA


Timbangan Pos Surat pernah dipakai di bruderan MTB Sinkawang dan Pontianak sekitar tahun 1945 -1980-an. Bentuknya ada tiga besar, sedang dan kecil


Slide Proyektor digunakan tahun 1950 – 1990-an

About vianney.mtb

Nama Lengkap JM Vianney Alexius, lahir di Kebumen saat ini bergabung dalam persaudaraan bruder MTB. Kita tidak bisa berkembang bukan karena bodoh, tetapi karena kurang berusaha dan tidak dapat memanfaatkan kesempatan yang ada dengan baik. Tuhan menciptakan manusia baik adanya, Ia tidak menciptakan manusia bodoh adanya. Mohon maaf jika isi web ada yang hampir mirip dengan laman web pengunjung
This entry was posted in Rohani Katolik. Bookmark the permalink.

One Response to Museum Mgr. J. Van Hooy Donk

  1. Salut.
    Tulis lagi ya berita – berita aktual mengenai MTB.
    Terimakasih.
    Salam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s