Berpikir Kritis dan Kreatif

BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF

Sekolah artinya belajar menggunakan pikiran dengan baik, berpikir kreatif untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang penting. Serta menanamkan kebiasaan untuk berpikir. (sizer, 1992, hal 80)

CTL mengajarkan secara langsung apa yang akan dibuat untuk berpikir kritis dan kreatif serta menggunakan keahlian berpikir dalam tingkatan yang lebih tinggi dalam dunia nyata.

Berpikir kritis ;

  1. Merupakan sebuah proses yang terarah dan jelas yang digunakan dalam kegiatan mental seperti memecahkan masalah, mengambil keputusan, membujuk, menganalisis asumsi dan melakukan penelitian ilmiah.
  2. Berpikir kritis adalah kemampuan untuk berpendapat dengan cara yang terorganisasi.
  3. Berpikir kritis merupakan kemampuan untuk mengevaluasi secara sistematis bobot pendapat pribadi dan pendapat orang lain.
  4. Berpikir kreatif adalah kegiatan mental yang memupuk ide-ide asli dan pemahaman-pemahaman baru

Berpikir kritis dan kreatif memungkinkan siswa untuk mempelajari secara sistematis, menghadapai berjuta tantangan dengan cara terorganisasi, merumuskan pertanyaan inovatif dan merancang sulusi orisinal.

  1. Berpikir Kritis

    Berpikir kritis tidak sama dengan mengakumulasi informasi. Seseorang dengan daya ingat baik dan memiliki banyak fakta tidak berarti seseorang pemikir kritis. Seorang pemikir kritis mampu menyimpulkan dari apa yang diketahuinya, dan mengetahui cara memanfaatkan informasi untuk memecahkan masalah dan mencari sumber-sumber informasi yang relevan untuk dirinya.

    Berpikir kritis tidak sama dengan sikap argumentatif atau mengecam orang lain, berpikir krtitis bersifat netral, objectif tidak bias. Meskipun berpikir kritis dapat digunakan untuk menunjukan kekeliruan atau alasan-alasan yang buruk. Pemikir kritis mampu melakukan introspeksi tentang kemungkinan bias dalam alasan yang dikemukakannya.

  2. Definisi Berpikir Kritis

    Berpikir kritis telah diterima sebagai salah satu pendekatan tertua dan sangat terkenal untuk kecakapan-kecakapan kecerdasan (Begg, 1987 ; Donald, 1985). John Chafee (1994), Direktur Pusat Bahasa dan Pemikiran Kritis di LaGuardi College, City University of New York (CUNY), menjelaskan bahwa berpikir kritis sebagai sebuah proses aktif, teratur dan penuh makna yang kita gunakan untuk memahami dunia (h.1). Jhon Chafee mendefinisikan berpikir kritis sebagai berpikir untuk menyelidiki secara sistematis proses berpikir untuk menyelidiki secara sistematis proses berpikir itu sendiri.

    Dengan demikian, berpikir kritis adalah sebuah kemampuan berpikir dalam menilai sebuah informasi sebelum ia menjadi pikiran dan tersimpan menjadi memori. Seorang pemikir kritis diharapkan mampu untuk menyimpulkan informasi yang diketahuinya setelah sebelumnya ia mengurai informasi tersebut berupa peristiwa, berita, dan pikiran yang semula utuh, lalu menjadi satuan-satuan kecil, kategori-kategori, kelompok-kelompok, serta memahami detil dari satuan, kategori, atau kelompok tersebut. Mengetahui cara memanfaatkan informasi untuk memecahkan masalah, dan mencari sumber-sumber informasi yang relevan untuk dirinya.

  3. Berpikir Kritis Sebuah Proses Sistematis
  4. Delapan Langkah untuk Menjadi Pemikir Kritis

    Menurut CTL ada delapan langkah untuk menjadi pemikir kritis

  • Apa sebenarnya isu, masalah atau kegiatan yang sedang dipertimbangkan? Ungkapkan dengan jelas
  • Apa sudut pandangnya
  • Apa alasan yang diajukan
  • Asumsi-asumsi apa saja yang dibuat
  • Apakah bahasanya jelas
  • Apakah alasan didasarkan pada bukti-bukti yang meyakinkan
  • Kesimpulan apa yang ditawarkan
  • Apakah implikasi dari keputusan yang sudah diambil
  1. Berpikir Kritis untuk Memecahkan Masalah
  2. Berpikir Kritis untuk Mengambil Keputusan
  3. Berpikir Kritis untuk Mempertimbangkan dan Mengambil Tindakan Moral
  4. Berpikir Kreatif – Semua Orang Kreatif
  5. Penghalang Kreatifitas
  6. Berpikir Kritis dan Kreatif : Dua Sisi Mata Uang
  7. Jembatan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif

About vianney.mtb

Nama Lengkap JM Vianney Alexius, lahir di Kebumen saat ini bergabung dalam persaudaraan bruder MTB. Kita tidak bisa berkembang bukan karena bodoh, tetapi karena kurang berusaha dan tidak dapat memanfaatkan kesempatan yang ada dengan baik. Tuhan menciptakan manusia baik adanya, Ia tidak menciptakan manusia bodoh adanya. Mohon maaf jika isi web ada yang hampir mirip dengan laman web pengunjung
This entry was posted in Artikel Pendidikan. Bookmark the permalink.

One Response to Berpikir Kritis dan Kreatif

  1. Terimakasih.
    Tulisannya sangat bagus;
    memberikan inspirasi dan tingkatkan terus ya!
    Pasti para peserta didik mendapat bekal yang “berkualitas” dari para pendidik yang berfikir kritis dan kreatti. Proficiat.
    Salam
    Sr. Maria Odilia,KFS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s