Desain Pembelajaran

TEORI SISTEM

Sistem adalah satu kesatuan yang utuh yang terdiri dari komponen-komponen yang saling bersinergi secara harmonis sehingga menghasilkan efek atau dampak yang sinergistik (menghasilkan daya, kekuatan, energi, tenaga, dinamika)

Jika tidak bersinergi secara harmonis maka akan terjadi kerusakan sistem.

Sistem memiliki :

  1. Struktur Sistem : terdiri dari supra sistem, sistem, sub sistem, komponen, elemen, hingga yang terkecil atom.
  2. Sifat Sistem yaitu terbuka dan tertutup. Terbuka yaitu berinteraksi dengan lingkungan, tertutup yaitu terisolasi dari lingkungan.

    Contoh sistem tubuh manusia terdiri dari beberapa sistem ; pernafasan, pencernaan, indera, reproduksi, ekskresi, hormon, peredaran darah, saraf.

Skema Struktur Sistem


Teori Komunikasi

Komponen komunikasi :

  • Manusia terdiri atas bahasa, fisik, psikologi
  • media/saluran saluran terdiri dari
  1. fisik (mulut, pita suara, gelombang, frekuensi suara, irama, nada)
  2. media (perangkat keras, perangkat lunak)

instrument berpikir (metode berpikir)

  1. analisis adalah memecah/menguraikan
  2. sintesis adalah menghubungkan

Sistem komunikasi adalah suatu proses mengirim dan menerima pesan yang focus pada teori informasi matematis.

Teori informasi matematis = informasi yang maknanya lugas yang tidak menimbulkan penafsiran ganda.

Model Sistem Komunikasi

MODEL PROSEDURAL DESAIN PEMBELAJARAN

Model Pengertian model procedural à Spesifik (Khusus) ke umum

Pengertian model adalah :

  1. jembatan antara teori dan praktek
  2. visualisasi teori sehingga dapat dipraktekkan
  3. terjemahan dari teori ke dalam praktek

tiga model dalam desain pembelajaran yaitu :

  1. model procedural (tidak berjenjang – urutannya setara, sejajar. Urutan belajar (hanya urutan kegiatan) setara dan tidak menjadi syarat bagi yang berikut
  2. model konseptual
  3. model hirarkis (berjenjang urutannya tidak setara, bertingkat. Seperti naik tangga, kaki pada tangga pertama menjadi prasyarat bagi langkah berikutnya)

Jenis-jenis model procedural menurut para ahli

  1. berdasarkan teori system umum
  2. berdasarkan pengaturan yang bervariasi
  3. berdasarkan teori belajar dan pembelajaran
  4. berdasarkan urutan instruksi yang berupa langkah-langkah tugas belajar yang harus dipreskripsikan (yang kita pakai)
  5. berdasarkan teori komunikasi

cirri-cirinya, menggunakan pendekatan ;

  1. menggunakan pendekatan system
  2. mengacu kepada teori tertentu
  3. ada preskrepsi tugas belajar

SIMPULAN DARI HASIL DISKUSI TENTANG MODEL :

  1. model adalah jembatan antara teori dan praktik, pengkonkritan atau visualisasi dari teori (ikatan logis dan variabel) untuk dipraktikan atau terjemahan antara teori ke dalam praktek
  2. jenis-jenis model prosedural yaitu teori sistem umum, pengaturan yang bervariasi teori belajar dan pembelajaran urutan tugas belajar dan teori komunikasi
  3. karakteristik model prosedural yaitu menggunakan pendekatan sistem atau berpikir sistem harus mengacu kepada teori tertentu dan tersedia preskripsi belajar

PETA KONSEP DESAIN PROSEDURAL

MODEL PROSEDURAL DESAIN PEMBELAJARAN

MODEL

MODEL PEMBELAJARAN

JENIS-JENIS MODEL

PROSEDURAL            KONSEPTUAL HIRARKIS  KARAKTERISTIK MODEL

MODEL KONSEPTUAL DESAIN PEMBELAJAR

PENERAPAN PENDEKATAN SISTEM DALAM PEMBELAJARAN

Teori adalah penjelasan rasional tentang suatu hubungan yang logis antara beberapa variabel

Teori adalah premis atau preposisi yang logis yang berupa fakta, konsep dan variabel yang saling berhubungan/logis.

Teori terbangun oleh konstruk yang mepresentasikan antar peristiwa atau kejadian konkret yang terdapat di lapangan.

Konstruk adalah atribut dari konsep yang bervariasi berdasarkan premis minor yang logis

Premisnya

  • konsep bersifat abstrak
  • konsep abstrak tidak bervariasi
  • atrib dari konsep bervariasi

jadi teori merupakan penjelasan yang rasional tentang hubungan yang logis antara beberapa variabel


About vianney.mtb

Nama Lengkap JM Vianney Alexius, lahir di Kebumen saat ini bergabung dalam persaudaraan bruder MTB. Kita tidak bisa berkembang bukan karena bodoh, tetapi karena kurang berusaha dan tidak dapat memanfaatkan kesempatan yang ada dengan baik. Tuhan menciptakan manusia baik adanya, Ia tidak menciptakan manusia bodoh adanya. Mohon maaf jika isi web ada yang hampir mirip dengan laman web pengunjung
This entry was posted in Artikel Pendidikan. Bookmark the permalink.

One Response to Desain Pembelajaran

  1. Desain Pembelajaran apakah masih ada kelanjutannya? Terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s