Mengatasi Windows 8 yang Black Screen

Sistem Operasi Windows 8 merupakan sistem operasi yang direkomendasikan untuk komputer berbasis touch screen atau layar sentuh, namun tidak ada salahnya jika kita mencoba memakai sistem operasi ini pada komputer standard.

Walaupun akhirnya ketika kita sudah berhasil menginstalasi windows 8 pada komputer yang standard permasalahan pun muncul seperti adanya black screen dengan ciri-ciri berikut. Windows berjalan normal sampai pada tampilan log in, tetapi setelah kita berhasil log in maka yang muncul adalah tampilan layar hitam alias black screen dengan satu pointer mouse.

Ada beberapa hal yang mengakibatkan adanya black screen :

1. Tidak compatibelnya driver pada computer anda

2. Terlalu banyak menu start up

3. Terdapat program yang tidak compatibel

Cara mengatasinya, masuklah dalam safe mode caranya restart windows anda ketika komputer mulai booting kembali tekan tombol F8 untuk masuk ke dalam safe mode. Tetapi jika komputer anda tidak bisa masuk ke dalam safe mode, lakukan langkah tekan tombol Shift pada keyboard jangan dilepaskan kemudian arahkan pointer mouse pada tombol menu restart, ikuti langkah selanjutnya.

Setelah anda berhasil masuk ke mode windows safe mode lakukan langkah berikut untuk mengatasi permasalahan di atas.

1. Jika driver tidak compatible berarti anda harus membaharui driver (update ) supaya compatibel dengan komputer anda

2. Menu startup yang terlalu banyak juga mengakibatkan kinerja sistem operasi menjadi lambat karena harus mengenali satu persatu menu startup yang ada, disable program yang ada pada startup yang menurut anda tidak terlalu penting.

3. Program yang tidak compatibel seperti anti virus juga membuat black screen pada komputer anda, uninstall anti virus kemudian ganti antivirus yang sesuai dengan komputer anda.  Untuk anti virus lokal seperti smadav tidak mengganggu kinerja windows 8. Anti virus free avast bisa membuat komputer anda black screen. Uninstall anti virus avast dengan masuk dalam safe mode.

Jika semua cara tersebut tidak mengatasi masalah yang ada, tidak usah khawatir googling di internet mungkin anda dapat menemukan solusi yang lebih baik.

catatan : supaya kinerja windows 8 anda berjalan dengan baik, pakai yang legal dan instalasikan pada komputer yang sesuai dengan spesifikasi komputer yang disarankan oleh windows 8.

About vianney.mtb

Nama Lengkap JM Vianney Alexius, lahir di Kebumen saat ini bergabung dalam persaudaraan bruder MTB. Kita tidak bisa berkembang bukan karena bodoh, tetapi karena kurang berusaha dan tidak dapat memanfaatkan kesempatan yang ada dengan baik. Tuhan menciptakan manusia baik adanya, Ia tidak menciptakan manusia bodoh adanya. Mohon maaf jika isi web ada yang hampir mirip dengan laman web pengunjung
This entry was posted in Aneka Hobi. Bookmark the permalink.

13 Responses to Mengatasi Windows 8 yang Black Screen

  1. Anto says:

    Pprogram windows 8 cocoknya dengan notepad atau I-Pad saja ?

  2. Anto says:

    Sangat membantu sekali informasinya,kebetulan sedang mengembangkan IT pembelajaran layar sentuh dgn LCD Proyektor

  3. vianney.mtb says:

    Oke🙂 sukses selalu

  4. ululf01 says:

    wahh makasih ya sudah berbagi ilmunya saya coba dulu

    moga ilmunya bermanfaat

  5. srh says:

    Terimakasih blog yg sangat bermanfaat, akan tetapi laptop saya tetap blackscreen yang ada hanya cursornya saja, sudah melakukan hal2 yang diatas, namun tetap saja tidak ada perubahan

  6. Shx says:

    Coba pake cara ini! mngkn bisa, pas blackscreen langsung ctrl+alt+del > Task Manager > new task > avast ui.exe, nanti lngsung keluar tampilan avastnya lalu pilih behavior sheild > setting > trusted processes lalu browse pilih file ini ” :\Windows\ImmersiveControlPanel\SystemSettings.exe dan :\Windows\explorer.exe” ctrl+alt+del > log out lalu log in lagi dan blackscreen hilang, masalah solved tanpa harus kehilangan program.

  7. Rommy says:

    Ditemukan bahwa windows 8 bajakan akan selalu terblokir oleh antivirus avira,avast, kaspersky, karena windowsimmersiveui.dll nya akan tercrak, dah dihapus oleh anti virus diatas. Mencoba Bitdefender, tidak error blackscreen, tetapi merupakan salah satu antivirus paling ribet di dunia.
    jika memang blackscreen, pas login screen, login, sebelum selesai login, CTRL+ALT+DEL lalu msconfig, boot to safe mode…

  8. BOY says:

    gw benci bngt blankscreen windows8. gw prnh instal 8x di beberapa pc + laptop, prnh blankscreen cmua. sdh gw perbaiki sembuh. beberapa jam kmdian blankscreen lg.

    • vianney.mtb says:

      untuk windows 8 yang tidak original alias copy memang perlu banyak kesabaran untuk install dan memperhatikan spesifikasi komputer yang disarankan
      saran sangat baik kalau pakai windows 8 original,
      atau pakai sistem operasi yang free lisensi banyak yang bagus🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s