Peranan Guru dahulu, sekarang dan masa depan

Di masa lampau profesi menjadi guru tidak mudah apalagi menjadi guru yang baik mesti harus memenuhi syarat-syarat kompetensi. Alhasil menjadi guru bukan menjadi pilihan cita-cita atau impian. Apalagi ditambah dengan masalah ekonomi, menjadi guru pada masa lampau harus siap dengan penghasilan yang boleh dikatakan pas-pasan.  Impian guru menjadi sesuatu yang makin menjauh. Walaupun dalam kenyataan para guru pendahulu bisa dilihat secara nyata kinerja mereka tidak menurun dalam kondisi yang ekonomi yang demikian. Banyak sekali contoh guru di masa lalu yang begitu disiplin, tekun dalam mendidik muridnya dan bekerja tanpa pamrih dan dalam sarana prasarana dan metode pembelajaran yang terbatas bahkan dalam banyak sekolah hanya diajar oleh seorang guru.

Saat ini setelah bergulirnya sertifikasi guru yang sebenarnya adalah untuk semakin mengembangkan profesionalitas guru. Impian dan cita-cita menjadi guru bukan lagi semata hayalan tetapi bisa dilihat dengan kasat mata, rata-rata lulusan berusaha untuk menjadi guru dengan masuk ke perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan. Sebenarnya ini adalah fenomena yang sangat menarik karena paling tidak terbuka peluang pendidikan yang lebih baik, karena makin banyak guru yang tersedia dan semakin lebih profesional karena dalam memperoleh pendidikan yang lebih baik. Karena memperoleh bekal pendidikan yang lebih baik menjadi guru tentu guru masa kini harus lebih profesional dalam mendidik murid-muridnya. Walaupun disisi lain tidak luput juga dari kekurangan misalnya masih banyak guru yang mengikuti sertifikasi tetapi hanya untuk menambah penghasilan tanpa memperbaiki kinerja atau profesionalitas.

Masa depan tentu guru makin dituntut untuk lebih profesional karena saat ini fenomena itu makin jelas terlihat di mana guru bukan lagi menjadi pusat pembelajaran tetapi pembelajaran berpusat pada murid. Murid saat ini telah menunjukan di mana pendidikan tidak hanya dapat diperoleh dari pertemuan di kelas dengan guru tetapi pendidikan bisa diperoleh di mana saja dan kapan saja. Teknologi informasi dan komunikasi serta fenomena global telah membuktikannya.

Maka guru masa depan adalah guru yang mau melakukan perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik, kreatif, inovatif dan menyenangkan dalam mendidik murid-muridnya.

About vianney.mtb

Nama Lengkap JM Vianney Alexius, lahir di Kebumen saat ini bergabung dalam persaudaraan bruder MTB. Kita tidak bisa berkembang bukan karena bodoh, tetapi karena kurang berusaha dan tidak dapat memanfaatkan kesempatan yang ada dengan baik. Tuhan menciptakan manusia baik adanya, Ia tidak menciptakan manusia bodoh adanya. Mohon maaf jika isi web ada yang hampir mirip dengan laman web pengunjung
This entry was posted in Aneka Hobi. Bookmark the permalink.

One Response to Peranan Guru dahulu, sekarang dan masa depan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s