BELAJAR ONLINE

Belajar Online

 

Belajar online atau biasa disebut e-learning (pembelajaran elektronik) adalah belajar menggunakan bahan/materi yang dikirim secara elektronik menggunakan computer dan media berbasis computer. Sumber belajar website, internet, intranet, CD-ROM, dan DVD. Selain memberikan instruksi, e-learning memonitor kinerja dan kemajuan pelajar. E-learning mengakses informasi (misalnya, halaman Web), membimbing peserta didik untuk mendapat hasil tertentu (misalnya, tujuan). Sering kali e-learning dikombinasikan dengan kehidupan sehari-hari, pengajaran tatap muka yang disebut blended learning atau belajar hibrida.

Keuntungan belajar online :

1.   Media yang bervariasi. Situs internet  berisi berbagai media, termasuk teks, audio, grafis, animasi, video, dan software yang dapat didownload.

2.   Informasi yang up-to-date. Siswa dapat mengakses database perpustakaan dan melampaui batas lokal; ini memperluas cakrawala sekolah-sekolah yang lebih kecil dan di pedesaan untuk berpartisipasi dalam home schooling.

3.   Navigasi. Keuntungan utama dari Internet adalah kemampuan bergerak dengan mudah di dalam dan antar dokumen.

4.   Pertukaran ide. Siswa dapat terlibat dalam “percakapan” dengan para ahli di bidang studi tertentu. Mereka berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang memungkinkan bertukar pikiran dengan siswa lain, bahkan yang tinggal di negara-negara lain.

5.   Nyaman dalam berkomunikasi. E-mail memungkinkan orang-orang di berbagai tempat untuk berbagi ide, pengguna dapat “berbicara” satu sama lain pada waktu yang berbeda dan merespon kenyamanan mereka sendiri.

6.   Biaya rendah.

Kelemahan :

1.   Umur pengakses tidak sesuai dengan bahan informasi. Beberapa topik yang dibahas di Internet, tidak cocok untuk siswa yang lebih muda. Kontrol berada di tangan individu, akibatnya, siswa dapat mengakses bahan yang tidak sesuai dengan cocok untuk usianya.

2.   Terjadi pelanggaran hak cipta. Informasi begitu mudah diakses, individu dengan cepat men-download file dan dengan sedikit perubahan secara ilegal siswa dapat merubah dalam bentuk kertas kerja atau proyek bersama.

3.   Waktu mengakses yang lama. Keterbatasan lain adalah kecepatan di mana pengguna dapat mengakses informasi menunggu waktu yang panjang, dapat dicegah melalui desain halaman Web yang sesuai.

4.   Sulit mencari informasi. Diperkirakan beberapa ribu situs baru ditambahkan ke Internet setiap hari. Pertumbuhan ini membuat mencari informasi yang sangat sulit.

5.   Kurangnya kontrol kualitas. Pengguna perlu untuk menjadi pemikir kritis dan pembaca yang tahu bagaimana mengevaluasi informasi. Semuanya yang diposting di Internet belum tentu berkualitas baik.

6.   Dukungan teknis harus tersedia. Tanpa dukungan tersebut dan manajemen berpikir, sebuah jaringan komputer akan mati dengan cepat.

7.   Pengguna harus memiliki cara untuk menghubungkan ke jaringan, bisa melalui sistem tertanam atau nirkabel, dan modem.

Integrasi / Penerapannya :

Seluruh program studi tersedia melalui pembelajaran online. Siswa dapat mengakses program yang tidak tersedia di sekolah. Untuk memperoleh sebuah sekolah tinggi atau diploma perguruan tinggi tanpa pernah menginjakkan kaki di kelas. E-mail dapat diintegrasikan ke dalam pelajaran dan digunakan oleh siswa untuk mengumpulkan informasi, mengajukan pertanyaan, kepada individu-individu di luar sekolah (misalnya, siswa lain dan ahli).

Penggunaan pembelajaran elektronik untuk meningkatkan keterampilan menulis dengan menghubungkan siswa dengan “sahabat pena elektronik” atau “teman kunci.” Siswa pertukaran e-mail, dengan membantu mahasiswa yang lebih muda dengan tulisan mereka.

Jaringan

Jaringan menghubungkan sekolah, rumah, perpustakaan, lembaga pendidikan, organisasi, dan bisnis agar siswa, keluarga, dan profesional dapat mengakses atau berbagi informasi dan instruksi langsung dalam beberapa cara. Salah satunya adalah surat elektronik (e-mail). Pengguna Internet dapat berkomunikasi satu sama lain berpartisipasi dalam kelompok diskusi, yang terdiri dari dua jenis: newsgroup, konferensi M) dan milis (juga disebut listservs). Informasi ini untuk tugas individu dan proyek kelompok. Banyak informasi tersedia di luar kelas atau perpustakaan sekolah dan pusat media. Siswa dan guru terlibat komunikasi secara real time dalam bentuk percakapan tertulis.

LAN (Local Area Network)

Sebuah LAN menghubungkan komputer dalam area terbatas, biasanya sebuah bangunan, kantor, atau laboratorium. LAN bergantung pada komputer pusat yang disebut file server yang “melayani” semua komputer lain yang terhubung melalui kabel khusus. Sebuah lab komputer LAN tersendiri biasanya tersimpan di dalam lemari. Melalui LAN, semua ruang kelas di sekolah bisa memiliki akses ke perangkat lunak sekolah.

WAN (Wide Area Network)

Jaringan yang melampaui dinding-dinding ruang atau bangunan yang disebut jaringan luas (WAN). Beberapa WAN menggunakan konfigurasi bawaan, yaitu sebuah jaringan campuswide menghubungkan semua bangunan melalui sistem kabel atau serat Dalam pengaturan ini, bangunan tersebut terhubung ke komputer terpusat yang berfungsi sebagai host untuk semua perangkat lunak yang digunakan secara umum.

JARINGAN NIRKABEL

Sesuai namanya, jaringan nirkabel menghubungkan komputer tanpa kabel. Jaringan tersebut menggunakan pemancar yang diletakkan di dalam ruangan, seluruh gedung, atau di kampus dan beroperasi dengan cara jaringan yang tertanam. Komputer tidak lagi terikat dengan workstation. Laptop dapat digunakan di mana saja di dalam ruangan, gedung, atau kampus.

INTERNET

Internet adalah sistem di seluruh dunia untuk menghubungkan jaringan komputer yang lebih kecil bersama-sama. Setiap individu di internet dapat berkomunikasi dengan orang lain di internet. Pengguna dapat mengakses informasi apapun, karena protokol standar yang memungkinkan semua komputer untuk berkomunikasi satu sama lain. Sebagian besar informasi digunakan bersama-sama tanpa biaya apapun kecuali biaya akses diperlukan untuk menjaga account dengan penyedia layanan Internet (ISP) seperti America Online (AOL), Yahoo!. Menyulitkan pencarian informasi adalah fakta bahwa internet tidak beroperasi secara hirarkis.

Layanan Internet.  Internet menghubungkan ribuan jaringan komputer di seluruh dunia yang menyediakan pengguna dengan beberapa tipe dasar layanan koneksi :

•     Electronic mail (e-mail) untuk komunikasi orang ke orang

•     Jenis elektronik, papan buletin publik yang memungkinkan seseorang untuk berhubungan dengan kelompok tertarik pada topik yang sama

•     Kemampuan pencarian Informasi untuk mengakses perpustakaan dan database informasi di seluruh dunia

•     Akses ke program komputer yang sangat khusus tidak mudah dan dapat berguna bagi individu

•     Komunikasi yang “Live”, memungkinkan individu-individu di Internet untuk “chatting” atau “bicara” secara real time, secepat mereka bisa mengetik pesan mereka

•     Audio komunikasi, yang memungkinkan individu dengan perangkat lunak yang tepat untuk benar-benar berbicara satu sama lain yang akan mereka lakukan melalui telepon

  • Video berbasis komunikasi melalui software seperti iChat, AOL Instant Messenger, ICQ, MSN Messenger, dan Yahoo! Messenger, membiarkan individu atau kelompok-kelompok kecil melihat dan mendengar satu sama lain dan menunjukkan benda-benda secara real time.

Alamat internet. Setiap individu pengguna internet memiliki sebuah alamat unik. Alamat Internet terdiri dari tiga bagian: nama orang atau nama pengguna (nama samaran), jaringan komputer dimana dia bisa dihubungi, dan jenis organisasinya.

World Wide Web

World Wide Web (Web) adalah suatu jaringan dari jaringan yang memungkinkan Anda untuk mengakses, melihat, dan memelihara dokumen yang dapat mencakup teks, data, suara, dan video. Hal ini tidak terpisah dari Internet. Web adalah serangkaian protokol komunikasi menjadi klien dan server. Protokol-protokol ini menyajikan informasi dalam dokumen-dokumen yang dapat dihubungkan ke dokumen lain dan disimpan di komputer di seluruh Internet.

INTRANET

Intranet tidak digunakan oleh masyarakat umum, tapi oleh perusahaan dan organisasi besar. Merupakan jaringan tertutup yang menghubungkan beberapa situs di seluruh negara atau di seluruh dunia. Sistem terhubung ke intranet yang pribadi dan hanya dapat diakses oleh individu dalam organisasi tertentu atau korporasi. Intranet adalah cara meningkatkan komunikasi, kolaborasi, dan penyebaran informasi dalam perusahaan atau sekolah di mana divisi, departemen, dan kelompok kerja masing-masing menggunakan platform komputer yang berbeda (hardware dan / atau sistem operasi), atau di mana pengguna bekerja di lokasi geografis yang jauh.

Keuntungan Jaringan

•     Kemudahan komunikasi. Sebuah jaringan memungkinkan orang untuk berkomunikasi satu sama lain dengan meninggalkan pesan pada sistem jaringan.

•     Berbagi perangkat keras. Banyak pengguna, misalnya, dapat mengakses printer tunggal.

•     Sentralisasi. Informasi berada dalam sebuah pusat data yang dapat diakses oleh seluruh karyawan atau siswa setiap saat.

•     Konsistensi. Semua pihak yang berkepentingan dapat melihat bahan pendidikan yang sama.

•     Hemat biaya. Sebuah jaringan yang mudah, murah, tepat waktu dalam mengupdate bahan, mengganti bahan usang. Setiap orang memiliki akses ke versi terbaru material.

Keterbatasan Jaringan

•     Biaya Mahal untuk membangun jaringan yang luas. File server komputer harus berkapasitas besar dan seluruh gedung dihubungkan dengan kabel ke komputer.

•     Terbatas jumlah pengguna. Tanpa peralatan tambahan, pengguna mungkin harus menunggu giliran untuk mendapatkan akses.

•     Koneksi remote tidak bisa dipercaya. Seorang karyawan atau pelajar kadang-kadang menghadapi masalah baris atau koneksi rusak. Ini akan membuat frustasi jika orang tersebut men-download informasi dari jaringan.

•     Kecepatan respon. Saat ini, loading sangat lambat untuk mengirimkan atau men-download gambar, foto, animasi, audio, atau video.

Integrasi Jaringan

Salah satu contoh pembelajaran online yang menggunakan jaringan adalah di laboratorium komputer, dengan 15-20 komputer yang terhubung bersama-sama. Ketika guru ingin setiap siswa dapat bekerja pada komputer selama pelajaran, laboratorium memungkinkan seluruh kelas untuk memiliki akses ke komputer secara bersamaan.

ISU

Ada beberapa isu penting yang terkait dengan pembelajaran elektronik, terutama ketika menggunakan Internet. yaitu keamanan, pemantauan menggunakan mahasiswa, kebijakan menggunakan yang dapat diterima, dan etiket.

Keamanan
Siswa harus diinstruksikan untuk tidak memberikan hal-hal yang bersifat pribadi seperti nomor telepon, alamat, dan informasi pribadi lainnya melalui Internet. Banyak siswa yang telah dihubungi dan bahkan dirugikan oleh individu yang tidak bermoral. Mungkin bijaksana bagi siswa untuk memberikan alamat sekolah mereka untuk korespondensi. Juga, sebagai pendidik, Anda harus memiliki izin orangtua untuk mengirim foto anak-anak di Web.
Monitoring Siswa. Guru dan orangtua harus memantau siswa ketika menggunakan Internet untuk memastikan bahwa perilaku mereka sesuai dan untuk mencegah dari mengeksplorasi materi yang tidak sesuai, baik sengaja atau tidak sengaja.

Kebijakan kebijakan menggunakan yang dapat diterima (AUPs) adalah perjanjian antara siswa, orang tua / wali, dan administrasi sekolah tentang hal-hal yang dianggap benar dalam menggunakan Internet dengan semua pihak yang terlibat. Semua pihak menandatangani dokumen, bahwa mereka telah membaca dan akan mematuhi kebijakan tersebut. Kebanyakan negara bagian pada Departemen Pendidikan telah tersedia sumber daya untuk membantu para pendidik dalam mengembangkan AUPs untuk digunakan di sekolah mereka.

Analisis Pembelajar

pengembangan Pelajaran dimulai dengan mengidentifikasi pembelajar. Anda juga ingin menentukan berbagai tingkat pengalaman mereka menggunakan sumber daya online.

Tujuan Tertentu

Sebelum menyatakan tujuan tertentu, Anda mungkin ingin menjelajahi bagaimana siswa menggunakan jaringan (untuk informasi akses berkomunikasi dengan siswa lain, profesional, atau ahli kandungan). Anda juga ingin mempertimbangkan konten yang tersedia di jaringan siswa yang akan digunakan.

Pilih Metode, Media, dan Material

Memilih bahan sering dimulai dengan browsing di Web. Anda dapat menemukan website pada subyek tertentu menggunakan mesin pencari seperti Google, Ask Jeeves, Mootes, atau Yahoo! Anda harus menggunakan mesin yang lebih dari satu pencarian karena mesin yang berbeda akan menemukan informasi yang berbeda dan sumber yang berbeda, tidak ada satu mesin dapat melihat segalanya.

Menggunakan Media dan Material

Bila Anda menetapkan siswa untuk menggunakan jaringan komputer, Anda mungkin ingin memberikan mereka alamat e-mail individu yang mereka mungkin ingin kontak, daftar situs Web yang dipilih, dan panduan singkat untuk menggunakan browser mereka (seperti Pedoman Referensi Cepat Netscape Navigator). Anda mungkin ingin memperluas kesempatan belajar di luar waktu kelas formal.

Perlu Partisipasi Learner

Usahakan siswa terlibat dalam menemukan hal diperlukannya untuk bahan tugas dengan melakukan kontak individu. Jangan diberitahu kepada mereka di mana menemukan sumber atau individu yang dapat memberikan informasi.

Evaluasi dan Revisi

Jika Anda memerlukan strategi pencarian, kemajuan, dan hasil, Anda dapat menggunakan dokumentasi ini untuk penilaian bersama dengan presentasi, laporan dan prosedur penilaian lainnya. Seperti semua-media dan pelajaran berbasis teknologi, Anda dapat memilih untuk merevisi rencana pelajaran Anda setelah menentukan seberapa baik bekerja.

REFERNSI

 

About vianney.mtb

Nama Lengkap JM Vianney Alexius, lahir di Kebumen saat ini bergabung dalam persaudaraan bruder MTB. Kita tidak bisa berkembang bukan karena bodoh, tetapi karena kurang berusaha dan tidak dapat memanfaatkan kesempatan yang ada dengan baik. Tuhan menciptakan manusia baik adanya, Ia tidak menciptakan manusia bodoh adanya. Mohon maaf jika isi web ada yang hampir mirip dengan laman web pengunjung
This entry was posted in Aneka Hobi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s