Menyusuri Negara Kincir Angin

Sangat tepat kiranya menyebut negara Belanda adalah negara kincir angin. Negara yang mempunyai catatan sejarah dengan negara Indonesia, karena kolonialisme selama 350 tahun. Catatan sejarah ini tentu tidak bisa dilepaskan begitu saja dari ingatan.

Kincir angin bertebaran hampir di seluruh provinsi di Belanda. Kincir angin ini dibuat pertama untuk mengatasi air yang meluap ke daratan, maklumlah negara Belanda hampir separuhnya berada di bawah permukaan laut. Dalam perkembangan selanjutnya kincir angin ini multiguna karena juga dimanfaatkan untuk tenaga listrik, juga untuk menggiling gandum.

Karena negara yang sebagaian besar dibawah permukaan laut juga mendorong Belanda untuk berpikir keras bagaimana mengatasi ataupun memperluas wilayahnya. Selain membuat teknologi yang mampu mengatur air laut supaya tidak masuk ke daratan. Pada era abad sebelum 20 Belanda juga mengadakan invansi ke negara lain dengan persekutuan dagangnya yang bernama VOC. Negara Belanda saat ini terus berupaya memperluas negaranya tanpa harus menginvansi negara lain dengan cara membangun bendungan yang bisa memompa air laut yang masuk ke darat kembali ke laut secara natural. Tentu ini bisa berwujud dengan adanya dana yang besar, disiplin dan kerja keras serta bantuan dari berbagai negara dan tentu juga bantuan dari negara Indonesia.

Isu kelestarian lingkungan juga menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan di negara Belanda. Di mana di setiap tempat binatang, maupun tumbuhan di jaga supaya tidak punah. Burung-burung dapat terbang bebas tanpa diganggu oleh ancaman pemburu.

Negara Indonesia yang sedang membangun dalam berbagai bidang tentu juga harus bekerja keras, disiplin dengan memperhatikan kelangsungan hidup tidak hanya lingkungan manusia tetapi juga lingkungan ekologis di mana manusia bisa berdampingan hidup dengan penyeimbang ekosistem, tanaman dan mahluk hidup lain. Usaha dan kerja keras semua komponen bangsa yang disertai rasa syukur kepada sang pemberi hidup, Tuhan yang maha pencipta tentu akan memberikan harapan hidup lebih baik.

About vianney.mtb

Nama Lengkap JM Vianney Alexius, lahir di Kebumen saat ini bergabung dalam persaudaraan bruder MTB. Kita tidak bisa berkembang bukan karena bodoh, tetapi karena kurang berusaha dan tidak dapat memanfaatkan kesempatan yang ada dengan baik. Tuhan menciptakan manusia baik adanya, Ia tidak menciptakan manusia bodoh adanya. Mohon maaf jika isi web ada yang hampir mirip dengan laman web pengunjung
This entry was posted in Aneka Hobi. Bookmark the permalink.

One Response to Menyusuri Negara Kincir Angin

  1. Reblogged this on Setia Melangkah Meraih Cita and commented:
    Setelah Menyusuri Negara Kincir Angin, tulis pengalaman saat audensi dengan Bapa Paus Fransiskus. Tereimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s